Demam Berdarah

Demam berdarah atau demam berdarah dengue (DBD ) adalah jenis penyakit demam akut yang disebabkan oleh salah satu dari empat serotipe virus lagi dengan genus Flavivirus dikenal dengan nama Virus dengue. Penyakit ini ditemukan manusia oleh nyamuk Aedes Aegypti.

Demam berdarah

Demam berdarah

Demam berdarah disebabkan oleh gigitan nyamuk Aedes Aegypti yang mengandung virus dengue. Pada saat nyamuk aedes aegypti menggigit makan virus dengue akan masuk ke dalam tubh , setelah masa inkubasi sekitar 3-15 hari penderita bisa mengalami demam tinggi 3hari berturut-turut. Banyak penderita mengalami kondisi fatal karena menganggap ringan gejala tersebut. Untuk itu kita harus selalu mewaspadai nyamuk yang menyebarkan virus dengue tersebut. Ciri ciri nyamuk penyebab demam berdarah seperti:

  1. Badan nyamuk yang berwarna hitam dan belang-belang putih pada seluruh tubuhnya (loreng).
  2. Nyamuk ini dapat berkembang biak pada penampungan air (TPA) dan pada barang-barang yang memungkinkan untuk digenangi air seperti bak mandi, tempayan, drum, vas bunga, barang bekas, dll.
  3. Nyamuk aides aegepty tidak dapat berkembang biak di got atau selokan ataupun kolam yang airnya langsung berhubungan dengan tanah.
  4. Nyamuk penyebar virus dengue ini biasanya menggigit manusia pada pagi dan sore hari.
  5. Nyamuk ini termasu jenis nyamuk yang dapat terbang hingga 100 meter.

Gejala penyakik demam berdarah ini memang tidak terduga, namun biasanya penderita mengalami ciri seperti panas tinggi, pusing, bahkan hingga muntah darah. Ada beberapa gejala lain yang dapat memberi tahu anda bahwa gejala tersebut adalah tanda-tanda seseorang penderita penyakit demam berdarah dengue.

Gejala yang Timbul Karena Penyakit Demam Berdarah

1. Demam tinggi terus menerus hingga 2-7 hari, dengan penderita yang tampak lemah lesu dan suhu badan mencapai 40 derajat celcius.

2. Adanya tanda pendarahan di mulut, hidung ( mimisan ), dan dubur (BAB berdarah).

3. Bintik-bintik merah pada kulit yang bila kulit direnggangkan bintik akan tetap terlihat berbeda dengan gigitan nyamuk lainnya yang tidak terlihat saat kulit direnggangkan.

4. Sakit perut yang mungkin terjadi muntah.

5. Bila penyakit sudah parah penderita akan merasakan gelisah dengan ujung tangan dan kaki yang dingin. Berkeringat pendrahan selaput lendir mukosa dan alat cerna gastrointestinal serta tempat suntikan atau tempat lainnya.

6. Hasil tes torniquet yang positif dan berkurangnya jumlah trombosit hingga dibawah 100.000 per mm3

7. Sakit kepala berat dan Sakit kepala sendi (atralgia)

8. Nyeri pada ulu hati dan kadang kadang hingga ada pendarahan lambung.

9. Sakit pada otot (mialgia)

10. Pembesaran plasma yang ada hubungannya dengan kenaikan permeabilitas dinding pembuluh darah yang ditandai dengan munculnya kenaikan nilai 20% dari hematokrit atau lebih tergantung pada umur dan jemis kelamin penderita demam berdarah. Menurunnya nilai hematokrit dari nilai daras 20% atau lebih sesudah dilakukan pengobatan. Serta tanda-tanda pembesaran plasma yaitu efusi pleura, asites, hipo-ptoteinaemia.

Apabila penderita sudah menunjukkan gejala-gejala diatas anda tidak perlu panik, anda dapat melakukan pertolongan pertama untuk penderita dengan:

  1. Memberika minum sebanyak mungkin untuk menghindari adanya dehidrasi. Saat terjadi kebocoran harus banyak minum namun saat kebocoran sudah selesai maka dalam waktu 2×24 jam asupan air yang diberikan harus dikurangi.
  2. Kompres dengan air agar suhu panas menurun.
  3. Berikan obat penurun panas pada penderita penyakit demam berdarah dengue.
  4. Jika dalam jangka waktu 3 hari demam tidak turun atau bahkan semakin naik segera bawa penderita ke rumah sakit atau puskesmas terdekan untuk segera mendapat pertolongan.
  5. Jika penderita tidak bisa makan dan minum atau dalam artian muntah terus, kondisi yang semakin parah, kesadaran menurun atau hilang maka penderita harus dirawat di rumah sakit.

Nyamuk dewasa penyebab penyakit demam berdarah dapat diberantas dengan mengupayakan membersihkan tempat-tempat yang disukai oleh nyamuk untuk beristirahat seperti:

  • Pasang kasa nyamuk pada ventilasi dan jendela rumah anda.
  • Lindungi bayi anda ketika tidur di pagi dan sore hari dengan menggunakan kelambu.
  • Jangan menggantung baju bekas pakai karena nyamuk menyukai bau badan manusia.
  • Semprot rumak dengan obat nyamuk di pagi dan sore hari.
  • Fogging atau yang sering kita kenal dengan sebutan pengasapan yang hanya dilakukan bila dijumpai ada penderita yang dirawat atau menginggal. Untuk pengasapan ini diperlukan adanya laporan dari rumah sakit yang merawat penderita penyakit demam berdarah.

Resiko terserang penyekit demam berdarah akibat virus dengue ini dibandingkan dengan orang dewasa, bayi dan anak kecil yang menderita penyakit ini akan lebih beresiko mengalami infeksi yang serius. Anak kecil cenderung beresiko mengalami sakit berat apabila mereka tergolong anak-anak yang berkecukupan gisi. Berbeda dengan infeksi lain yang bisa lebih parah terjadi pada anak-anak yang kurang gizi. Perempuan lebih cenderung terserang sakit yang lebih parah dibanding dengan laki-laki. Virus dengue dapat mengancam jiwa seseorang pada penderita dengan penyakit kronis dalam jangka waktu yang panjang, seperti penyakit diabetes dan asma.

Untuk anda yang sudah mulai menemukan adanya nyamuk penyebab penyakit demam berdarah sebaiknya langsung mulai memberantasnya dengan cara yang sudah kita bahas diatas untuk menjauhkan resiko terjangkit virus dengue dari keluarga anda. Semoga info tentang penyakit demam berdarah dan bagaimana cara mengobatinya bisa bermanfaat untuk anda dan untuk kita semua. Terima kasih.


=====================================

>>> Obat Demam Berdarah Membantu Mengatasi Demam Berdarah, Meningkatkan Trombosit, dan Menguatkan Kekebalan Tubuh Alami, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Demam Berdarah and tagged , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>