Penanganan Demam Berdarah

Penanganan demam berdarah yang dapat dilakukan pemerintah salah satunya adalah memcegah penyebaran nyamuk yang menyebabkan penyakit demam berdarah. Demam berdarah adalah infeksi yang disebabkan karena virus dengue yang berasal dari nyamuk. Penyakit demam berdarah juga dapat disebut dengan breakbone fever atau demam sendi, karena penyakit ini dapat menyababkan penderitanya mengalami nyeri yang hebat yang seakan-akan tulang ingin patah.

Penyebab utama dari penyakit ini adalah nyamuk yang mudah berkembang biak pada kubangan air yang ada dihalaman rumah anda, pada pot bunga, maupun di got. Jenis nyamul yang dapat menimbulkan penyakit ini adalah aides aetypty dan juga aides albopictus. Penderita yang diduga menderita demam berdarah dalam tingkat yang maupun harus segera dibawa ke dokter atau rumah sakit, mengingat sewaktu-waktu dapat mengalami kematian.

Penanganan demam berdarah dapat dengan meningkatkan jumlah trombosit dalam tubuh penderita dan menghambat pertumbuhan virus dengue yaitu dengan jus kurma serta ekstrak daun biji.

Penanganan demam berdarah tidak perlu anda lakukan apabila anda dapat mencegah penyakit demam berdarah tersebut.

Hal yang dapat anda lakukan untuk mencegahnya adalah dengan cara:

1. Makan makanan yang bergizi
2. Rutin melakukan olahraga
3. Istirahat tidur yang cukup
4. Minum air putih yang banyak 8-12 gelas satu hari
5. Memasuki masa pancaroba, perhatikan kebersihan lingkungan tempat tinggal dan melakukan 3M, yaitu menguras bak mandi, menutup wadah yang dapat menampung air, dan mengubur barang-barang bekas yang dapat menjadi sarang perkembangan jentik-jentik nyamuk.
6. Fogging atau pengasapan akan mematikan nyamuk dewasa dan bubuk abate akan mematikan jentik pada air.

Pada penderita penyakit demam berdarah akan mengalami gejala-gejala yang dapat muncul dengan tiba-tiba. Gejala tersebut antara lain:

  1. Demam tinggi yang mendadak dalam 2 hingga 7 hari. Kadang kala demam bersifat bifasik atau seperti pelana kuda yaitu panas yang di derita akan turun di hari ke 3 atau hari ke 4 namun akan neik lagi di hari berikutnya.
  2. Mulai munculnya ruam pada kulit.
  3. Nyeri pada belakang mata.
  4. Manifestasi pendarahan yang ditandai dengan bintik-bintik merah kehitanam pada kulit yang bila direnggangkan warna tetap terlihat. terjadi mimisan atau epitaksis dan muntah darah atau hematamesis.
  5. Sakit perut yang hebat dan gusi berdarah.
  6. Pemeriksaan yang dilakukan oleh dokter di laboratorium rumah sakit ditemukan bahwa :
  • Uji tournquet menyatakan hasil yang positif.
  • Ditemukan bahwa trombositopia atau jumlah trombosit turun dibawah 100.000/ul
  • Dan yang terakhir ditemukannya kebocoran plasma yang memiliki kaitan erat dengan meningkatnya permeabilitas dinding pembuluh darah yang memerlukan penanganan demam berdarah.

Penanganan demam berdarah antara lain:

  1. Selelu memonitori suhu penderita penyakit demam berdarah dengue setiap hari dan harus selalu didampingi.
  2. Bawa penderita penyakit demam berdarah bila demam berlangsung 3 hari.
  3. Penanganan demam berdarah dengan istirahat dan asupan cairan yang cukup merupakan dua hal yang sangat penting pada pasien penderita penyakit ini.
  4. Apabila penderita semakin lemas, muntah, sulit makan atau minum, maka penderita perlu dilakukan pemberian cairan lewat infus oleh dokter.
  5. Bila hasil tes laboratorium menunjukkan adanya tanda tanda penurunan trombosit atau kenaikan hematokrit maka penderita harus dirawat dirumah sakit untuk mendapat penanganan demam berdarah yang lebih lanjut.
  6. Pasien harus selalu diawasi jangan sampai terjadi syok yang ditandai dengan rasa lemas, ngantuk, dan pingsan, sementara kaki terasa dingin sekali.

Penanganan demam berdarah memalui pengobatan terutama ditujukan untuk mengatasi pendarahan, untuk mencegah atau mengatasi keadaan syok atau presyok dengan mengusahakan agar penderita penyakit bangak minum, dan bila perlu dilakukan pemberian cairan melalui infus untuk membantu penanganan demam berdarah supaya cepat pulih. Demam yang diderita harus diusahakan diturunkan dengan kompres dingin atau dengan menggunakan antipiretika.

Untuk menunjang penanganan demam berdarah dibutuhkan makanan dan minuman yang dapat membantu tubuh penderita cepat pulih. Berikut beberapa makanan dan minuman yang dibutuhkan penderita penyakit demam berdarah antara lain:

  1. Daun pepaya.

Menurut dokter yang ahli dalam bidang kesehatan mengatakan bahwa mengkonsumsi daun pepaya adalah makanan yang baik untuk penderita penyakit DBD karena dapat melawan virus demam berdarah. Mengkonsumsi daun pepaya merupakan salah satu cara yang alami untuk penanganan demam berdarah.

  1. Bubur

Mengkonsumsi bubur dapat menyediakan sumber energi bagi tubuk penderita DBD. Ketika anda ingin melawan virus demam berdarah bubur adalah salah satu makanan yang baik untuk dikonsumsi penderita penyakit demam berdarah karena mudah untuk dicerna dan mengandung sejumlah manfaat di bidang kesehatan.

  1. Telur

Telur mengandung banyak nutrisi protein yang sangat dibutuhkan oleh tubuh anda.

  1. Air kelapa

Air kelapa sangat dianjurkan dalam penanganan demam berdarah agar tidak terkena dehidrasi yang disebabkan oleh virus dengue.

  1. Jus buah

Jus buah seperti kiwi, jeruk, dan jambu merah biji yang kaya akan vitamin C mampu memberikan manfaat bagi sistem kekebalan tubuh / antibodi tubuh.

  1. jus lemon

Penanganan demam berdarah dapat dibantu dengan menggunakan jus lemon yang dapat membantu anda untuk mengeluarkan virus dengue dari dalam tubuh anda.


=====================================

>>> Obat Demam Berdarah Membantu Mengatasi Demam Berdarah, Meningkatkan Trombosit, dan Menguatkan Kekebalan Tubuh Alami, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Demam Berdarah and tagged , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>